MANAJEMEN QOLBU

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

Segala puji bagi Allah, Dzat yang Maha Rahman dan Rahim, yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Sholawat serta salam kita haturkan kepada Rosulullah Muhammad shollallahu ‘alaihi wasallam, keluarga, para shahabat dan orang-orang yang setia mengikuti sunnah beliau hingga akhir hayatnya.

Wa ba’du

Yan Gymnastiar atau yang populer dengan nama KH Abdullah Gymnastiar, lahir di Bandung, Jawa Barat, 29 Januari 1962. Aa Gym, demikian dia juga dipanggil, selain dikenal sebagai seorang da’i yang sering tampil di televisi dan menjadi idola masyarakat, Aa Gym juga merupakan seorang penyanyi, penulis buku dan penerbit, pengusaha dan pendiri Pondok Pesantren Darut Tauhid di Jalan Gegerkalong Girang, Bandung. Beberapa usaha yang digelutinya adalah bisnis hotel, rumah produksi, perkebunan dan perdagangan, yang seluruhnya dikelola secara profesional dengan manajemen sesuai syariah (aturan dan hukum) Islam. Aa Gym menjadi populer karena mengenalkan cara berdakwah yang unik dengan gaya teatrikal dengan pesan-pesan dakwah Islami yang praktis dan umum diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Pesan-pesan dakwahnya berkisar pada pengendalian diri, hati nurani, toleransi dan keteguhan iman. Aa Gym digemari oleh ibu-ibu rumah tangga karena ia membangun citra sebagai sosok pemuka agama yang berbeda dengan ulama lainnya. Ketika para ulama “konvensional” berdakwah tentang keutamaan salat, puasa, dan kemegahan surga, Aa Gym memilih untuk bercerita tentang pentingnya hati yang tulus, keluarga yang sakinah dengan menggunakan bahasa sehari-hari yang ringan dan menyenangkan. Topik pembahasannya seputar keluarga dan pemirsanya terkonsentrasi pada ibu-ibu rumah tangga, citranya pun didaulat menjadi “ustad keluarga bahagia.”

Salah satu tulisan beliau yang terkenal adalah Manajemen Qolbu (MQ). Konsep MQ (Manajemen Qalbu) yang digagas olehnya digemari banyak orang dari segala lapisan, mulai dari anak-anak, ibu rumah tangga, remaja, kaum tua bahkan para eksekutif perusahaan.

” Apa itu Manajemen Qolbu (MQ) ? ”

Sebenarnya tak ada perbedaan antara MQ dengan metode dakwah Islam lainnya. Hanya saja dalam MQ pembahasan lebih diperdalam dan dibeberkan dengan cara yang aktual dengan inovasi dan kreativitas dakwah yang lebih sesuai dengan kebutuhan zaman. Inti pembelajaran sendiri ada pada qolbu.

Berikut saya bagikan e-book yang berisi 74 tulisan Aa Gym tentang Manajemen Qolbu. Ditulis dengan gaya penyampaian Aa Gym yang mudah diterima, kita akan memperoleh banyak Tausyiah dari beliau.
Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
Amiin.

E-Book dapat anda download pada link di bawah :

[ Download E-Book ]

Quoted from : Berbagai Sumber

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: