BOLEHNYA MEMINTA ISTERI ORANG LAIN PADA ZAMAN NABI DAUD A.S

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

Segala puji bagi Allah, Dzat yang Maha Rahman dan Rahim, yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Sholawat serta salam kita haturkan kepada Rosulullah Muhammad shollallahu ‘alaihi wasallam, keluarga, para shahabat dan orang-orang yang setia mengikuti sunnah beliau hingga akhir hayatnya.

Wa ba’du

Ada sebuah pertanyaan mengenai tafsir beberapa ayat al-qur’an dari salah seorang anggota forum situs islami yang bernama ronni fajar. Topik dari terjemahan ayat tersebut adalah  mengisahkan tentang kisah Nabi Daud as yang mendapat cobaan dari Allah swt. Berikut pertanyaan beserta balasan jawabanya :

pertanyaan

Assalamu’alaikum,

Saya baru saja membaca Qur’an surah Shaad (38) ayat 17-29 plus terjemahnya. Topiknya mengenai kisah Nabi Daud as yang mendapat cobaan Allah swt. Ayat 22-23 menjelaskan tentang dua orang yang berperkara dan meminta penyelesaian kepada Nabi Daud as, dan dijawab oleh Nabi Daud pada ayat 24. Selanjutnya, yang tidak jelas bagi saya adalah kelanjutan ayat 24 tersebut: “…dan Daud mengetahui bahwa Kami mengujinya; maka ia meminta ampun kepada Tuhannya lalu menyungkur sujud dan bertaubat.” dan ayat 25 : “Maka kami ampuni baginya kesalahannya itu…”

Pertanyaannya: Kesalahan apa yang telah diperbuat Nabi Daud? Mohon kiranya rekan-rekan bisa menjelaskan.

Wassalam,

Jawaban:

Bismillah,

Yang saya dengar dari salah seorang penceramah begini:

Saat itu jamak bagi seseorang untuk meminta istri orang lain bak minta rokok. Seseorang bila melihat wanita cantik dan dia suka, dia bisa meminta suami orang itu untuk menceraikan istrinya, kemudian dia mengawininya. Terserah kepada suaminya, boleh menolak boleh menerima permintaan itu.

Saat itu N. Daud a.s. sudah menjadi raja dan mempunyai beberapa istri. Beliau melihat seorang wanita dan tertarik. N. Daud a.s. meminta kepada laki-laki suami wanita tsb untuk menceraikan si wanita dan kemudian N. Daud a.s. akan mengawini wanita yang sudah diceraikan tadi. Laki-laki tadi sangat mencintai istrinya dan sebenarnya enggan untuk melepaskannya. Tapi karena yang meminta adalah N. Daud a.s. yang raja, dia takut untuk menolak.

Allah s.w.t. mengutus dua orang laki-laki berperkara seperti yang diceritakan itu. Seorang laki-laki kaya (sebut si A) yang sudah punya 99 kambing meminta kambing dari seorang lain (sebut si B) yang miskin yang hanya punya satu kambing. Si B kalah berdebat dan harus melepas kambingnya, padahal dia tidak ingin. Nabi Daud a.s. memberi putusan bahwa si B boleh tetap memiliki satu kambingnya, dan si A tidak boleh memaksakan kehendaknya pada si B yang miskin.

Setelah itu, N. Daud a.s. sadar akan dirinya sendiri yang meminta istri orang lain padahal dia sudah kaya-raya dan raja, sudah punya banyak istri, dan tentu orang tersebut tidak bisa menolak kehendaknya. Setelah memberikan keputusan itu, beliau sadar bahwa Allah s.w.t. mengirim dua orang berperkara tersebut untuk menyadarkan beliau. N. Daud a.s. kemudian bersujud dan bertobat atas perilakunya sendiri.

“… Dan Daud mengetahui bahwa Kami mengujinya; maka ia meminta ampun kepada Tuhannya lalu menyungkur sujud dan bertaubat” (As Shad: 24)

Dan kemudian Allah s.w.t mengampuninya.

“Maka Kami ampuni baginya kesalahannya itu. Dan sesungguhnya dia mempunyai kedudukan dekat pada sisi Kami dan tempat kembali yang baik.” (As Shad: 25)

Setelah itu N. Daud mencabut permintaannya kepada laki-laki suami wanita tsb. Sang laki-laki sangat senang karena dia tidak jadi kehilangan istri tercintanya.

Dan sejak itu meminta istri orang lain diharamkan oleh N. Daud a.s.

Quoted from : http://www.isnet.org/



  1. blog anda bagus>>>

    saya ajungi jempol!!!!
    dan saya hanya sekedar mampir ya sekalian blogwalking!!!

    jika bernit liat blog saya kunjungin balik jja!!!!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: