KENAPA KITA TAK PERNAH MAU BERSAMA DNG ALLAH SWT ???

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

Segala puji bagi Allah, Dzat yang Maha Rahman dan Rahim, yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Sholawat serta salam kita haturkan kepada Rosulullah Muhammad shollallahu ‘alaihi wasallam, keluarga, para shahabat dan orang-orang yang setia mengikuti sunnah beliau hingga akhir hayatnya.

Wa ba’du

Pada posting kali ini saya ingin berbagi kepada semua muslimin dan muslimat  sebuah khutbah yang saya dengar  pada suatu pagi yang dapat kita jadikan sebagai bahan renungan, dan sudah merupakan kewajiban bagi kita semua untuk saling mengingatkan dan menasehati dalam hal kebaikan karena

“Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam keadaan merugi (celaka), kecuali orang-orang yang beriman, beramal shalih, saling menasehati dalam kebenaran, dan saling menasehati dalam kesabaran.” (Al ‘Ashr: 1-3).

Semoga setelah membacanya kita dapat merenungi dan meresapi nilai-nilai yang terkandung didalam khutbah tersebut .

Amiin ..

Namun sayapun hanya seorang manusia biasa yang memiliki keterbatasan dalam hal ingatan, penyampaian kata-kata dll, untuk itu mohon kiranya semua muslimin dan muslimat memaafkanya dan kepada Allah SWT saya mohon ampunan-Nya.

Assalmu’alikum warahmatullah wabaratakuh

Alhamdulillahirabbil’alamin

Segala puji bagi Allah SWT, semoga shalawat serta salam selalu tercurah kepada nabi kita Muhammad SAW. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah rasul Allah. Amma ba’du …

Alhamdulillah pada pagi ini kita masih dikehendaki dan diberi kesempatan melaksanakan suatu ritual yang sangat suci, yang memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan kita yaitu shalat subuh berjamaah dimasjid.

Karena untuk ritual yang suci inilah harus suci pula tempat nya yaitu masjid (baitullah), suci pula sajadahnya untuk tempat kita bersujud, suci pula pakaian yang kita kenakan untuk bertemu dengan-Nya dan yang tak kalah pentingnya adalah bersih pula isi hati kita dari iri, dengki, tahayyul, bid’ah, jikalau hati kita masih dikotori dengan hal-hal tersebut maka amal yang kita lakukan tidak akan diterima karena Allah SWT adalah yang maha mengetahui apa yang tersimpan didalam hati kita. Allah SWT adalah yang maha baik dan Dia hanya menerima yang baik saja.

Ketahuilah saudara/i seungguhnya Allah SWT senantiasa bersama kita bahkan Dia lebih dekat dengan kita daripada urat leher kita sendiri, Allah SWT berfirman : “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya dari pada urat lehernya, (yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.*” (QS. Qaaf: 16-18).

Namun apakah kita sudah merasa dekat bersama dengan Allah SWT, bahkan dalam shalatpun terkadang kita tidak bisa merasakan dekatnya bersama dengan Allah SWT terutama dalam shalat subuh yang merupakan shalat paling berat bagi orang munafik. Apalagi dalam hal-hal lain yang menyangkut kehidupan, kita tidak pernah berusaha untuk merasakan kedekatan bersama Allah SWT. Ada ulama yang mengatakan : “Jikalau jamaah shalat subuh kita sejumlah dengan jamaah shalat jum’at maka kita akan dapat mengalahkan orang kafir tanpa peperangan”.

Orang yang jika terjadi sesuatu pada dirinya lalu menyebut Allah, bahkan sangat sering menyebut Allah dalam hidupnya itulah orang orang yang selamat,beruntung, terjaga, hati -hati dalam setiap perbuatan, ucapan, pikiran, langkah, pandangan dll, karena ia selalu merasa bersama dengan Allah SWT dan ia merasa malu kepada rabbnya jikalau melakukan perbuatan yang dilarang oleh-Nya.

Orang yang selalu merasa bahwa Allah selalu bersamanya mereka itulah orang orang yang doa nya terkabul, mereka itulah yang hajatnya dipenuhi sebelum mereka meminta kepada Allah.

Untuk itu kita harus menjaga kedekatan kita dengan Allah SWT  yang telah kita dapatkan melalui ibadah shalat kita dengan cara meninggalkan hal hal yang dapat membuat hati kita mati diantaranya menyia-nyiakan waktu luang, banyak tertawa, ngerumpi dll.

Apakah kalian bangga hidup berdampingan dengan orang orang kaya, walikota, para pejabat, gubernur bahkan presiden sekalipun, seharusnya bangganlah dan berbahagialah kalian yang hidup bersama dan  dekat dengan Allah, karena Dialah yang akan memberikan kebahagiaan,kedamaian, ketenangan jiwa,kecukupan, dengan bersama Allah orang yang sakit akan menjadi sehat, orang yang miskin menjadi kaya.

Banyak sekali kita temukan orang orang kaya yang tidak bahagia lantaran hidupnya jauh dari mengingat Allah, karena kekayaan duniawi tidaklah bisa dijadikan suatu ukuran bagi seseorang untuk mendapatkan kebahagian, namun dengan kaya nya hati kita kita akan merasa bahagia karena kita selalu bersama dan dekat dengan Allah SWT yang maha kaya.

Ingatlah saudara/i akan firman Allah SWT :

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. (QS. Ar Ra’d, 13:28)

Saudara/i sekalian, marilah kita benahi diri dan ibadah kita dengan selalu menyertakan Allah SWT disetiap ibadah dan pekerjaan yang kita lakukan demi mencari keridhaanNya. Semoga setiap hal yang kita perbuat mendapat berkah dan bermanfaat bagi kita dan saudara/i kita.

Ya Allah ya Tuhan kami,
Sesungguhnya tiada ilah yang berhak disembah kecuali engkau, maha suci engkau ya Allah, sesungguhnya aku termasuk kedalam orang-orang yang berbuat kezaliman.

“Ya Allah, Tuhan yang Maha Kuasa membolak balikkan hati teguhkanlah hati kami pada agamamu”.

Ya Allah ya Tuhan kami,
ampunilah segala dosa dan kesalahan kami, bimbinglah kami ke jalanMu yang lurus dan benar serta limpahkanlah kepada kami taufik dan hidayahMu .

Tujukanlah kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang engkau beri nikmat, bukan jalan orang yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat .

Amin.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: